Tips Menghadapi Ujian Akhir Semester (UAS) bagi Mahasiswa Baru

Ujian Akhir Semester akan menjadi hal yang paling menegangkan bagi para mahasiswa. Selain karena pada dasarnya ujian sudah merupakan hal yang menakutkan bagi para mahasiswa, ujian akhir semester (UAS) akan menjadi kesempatan terakhir dalam mendapatkan nilai terbaik dalam semester. Nah untuk siap menghadapi hal tersebut, berikut adalah tips untuk menghadapi Ujian Akhir Semester (UAS) :

1. Mulai belajar 2 minggu sebelum ujian akhir

Untuk mendapatkan hasil yang baik dari ujian kamu, kamu harus menyiapkan waktu yang lebih untuk belajar, tapi bukan berarti kamu jadi belajar sepanjang malam sebelum ujian tiba, karena itu tidak akan berdampak baik. Tapi jika kamu menyisihkan waktu satu jam setiap malam selama seminggu sebelum ujian, kamu akan pelan-pelan mengingat informasi dan hapalan ujian yang akan diujikan.

2. Membaca semua ‘kisi-kisi’

Kamu tidak harus menghapal semua materi perkuliahan selama 10 – 12 pertemuan, karena itu akan hanya membuat otakmu terbebani dengan materi yang terlalu banyak. Pada umumnya, Dosen akan memberi kisi-kisi atau catatan tersendiri yang berhubungan dengan materi ujian, kamu harus mencatat atau benar-benar mendengarkan apa yang Dosen kamu katakan karena kisi-kisi tersebutlah yang harus kamu pelajari saat menjelang ujian daripada materi kuliah selama pertemuan.

3. Mengingat Informasi yang penting

Jika kamu memperhatikan dengan seksama dan teliti di kelas, Dosen kamu pasti pernah menyebutkan kalimat atau kata-kata yang berhubungan dengan ujian akhir yang kamu hadapi nanti. Kamu harus mencatat semua itu dan benar-benar mengingatnya, karena pada saat ujian, jika ada hal yang berhubungan dengan kalimat itu, kamu bisa langsung menyambungkannya dengan materi yang pernah kamu pelajari di kelas tersebut.

4. Mengingat Ujian Tengah Semester

Ujian Tengah Semester (UTS) yang sudah kamu lewati bisa menjadi cermin bagi kamu bagaimana Dosen kamu membuat soal-soal untuk ujian akhir nanti, karena biasanya pola saat Dosen membuat soal ujian tengah semester akan sama dengan ujian akhirnya, jdai kamu harus benar-benar memperhatikan apa yang di jelaskan dan yang keluar di soal-soal ujian nantinya.

5. Mendengarkan Dosen

Pada umumnya setiap Dosen akan memberi tahu apa saja tentang ujian akhir, walaupun tidak secara langsung, karena pada dasarnya Dosen ingin mahasiswanya bisa melewati ujian dengan nilai yang baik. Kamu hanya perlu mendengarkan dengan seksama dan baik, dan Dosen akan memberi tahu bagian yang penting yang harus kamu tulis saat ujian nanti atau sebuah kertas yang berisi pertanyaan-pertanyaan yang bisa kamu jawab untuk latihan sebelum ujian.

6. Membuat lembaran untuk belajar sendiri

Setelah kamu mendapatkan semua informasi yang penting untuk ujian seperti fakta penting, rangkaian kata-kata, kisi-kisi yang diberi oleh Dosen kamu dan informasi lainnya yang berhubungan dengan materi ujian, kamu juga harus membuat lembaran-lembaran untuk belajar atau lebih tepatnya rangkuman dari hasil informasi yang kamu dapat sebelum ujian. Dengan cara seperti ini, belajar akan lebih mudah untuk menghapal dan memahami materi-materi ujian nanti.

7. Latihan tanya-jawab

Setelah kamu mempelajari materi ujian yang akan diujikan, cobalah untuk bermain tanya-jawab dengan keluarga, teman, atau diri kamu sendiri tentang materi ujian tersebut. Kamu atau mereka bisa memegang lembar jawabannya, dan mintalah untuk menanyakan kepada kamu secara acak. Mereka juga bisa memberi sebuah ‘clue’ jika kamu benar-benar lupa. Jangan lupa diberi nilai dari setiap point yang ditanyakan, dan akan terlihat kira-kira materi apa yang masih kurang kamu kuasai.

Semoga tips ini berhasil membantu kamu ya!.

About rikoapriadi

Blogger is (soon) a politician, law master, and entrepreneur from Kalimantan. Instagram: riko.nandjan (current active social media). Favorite Life Quote: "Be strong and courageous, because you will lead these people to inherit the land I swore to their ancestors to give them. Be strong and very courageous. Be careful to obey all the law my servant Moses gave you; do not turn from it to the right or to the left, that you may be successful wherever you go." (Joshua 1:6-7). 3 motivations in life: 1. Jesus, as Lord and Savior; 2. Dayak Culture, as nature blood; 3. Family, first environment to grow up. 3 Favorite Concerns: 1. Serving Jesus and People; 2. Learning Law, Social, and Politics (different dimensions but related each other); 3. Sharpening Economic by Developing Business Legally.

Posted on June 17, 2011, in Social Life, tips. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: