Organisasi yang Baik

Well, seperti judul di atas, dalam artikel saya kali ini, saya akan men-share-kan beberapa ciri umum organisasi yang baik itu.

Silahkan disimak ya guys🙂

1. Memiliki anggota yang kuantitas dan identitasnya jelas

Tentu suatu organisasi, seperti yang kita ketahui, memiliki anggota (minimal dua orang) yang bekerja sama untuk mencapai suatu tujuan tertentu dan tentunya dengan cara-cara tertentu. Suatu organisasi yang baik, pasti memiliki jumlah anggota yang jelas dan identitas yang jelas. Misalnya dalam suatu perekrutan, telah terpilih anggota sebanyak 50 orang, dan masing-masing anggota ditandai dengan suatu surat keputusan atau pun kartu tanda anggota.

2. Organisasi memilik identitas yang jelas mengenai keberadaannya

 

Organisasi yang baik memiliki identitas yang jelas, seperti namanya, latar belakang berdirinya, anggaran dasar/anggaran rumah tangga, bergerak di suatu bidang tertentu, dan alamatnya jelas.

 

 

3. Memiliki struktur organisasi yang jelas, pembagian kerja yang jelas

Nah kalo ilustrasi gambar di bawah ini adalah struktur organisasi sang blogger hehe B-)

Di dalam organisasi yang baik, terdapat suatu struktur yang memiliki pembagian dan tugas yang jelas. Paling tidak terdapat ketua, sekretaris, dan masing-masing divisi.

4. Mengacu pada manajemen yang sehat

Yaitu sekurang-kurangnya memiliki :

a. Planning –> perencanaan, langkah-langkah yang akan diambil dengan suatu pertimbangan yang matang

b. Action –> aksi, pelaksanaan dari sesuatu yang telah direncanakan sebelumnya

c. Evaluation –> evaluasi, penilaian terhadap kekurangan-kekurangan yang telah terjadi pada tahap pelaksanaan, serta ditemukannya solusi agar ke depannya dapat semakin baik dan berkembang.

Tiga hal tersebut lah yang digunakan dalam setiap pelaksanaan suatu program kerja.

5. Memiliki manfaat bagi lingkungan

Organisasi yang baik tidak hanya memberikan keuntungan dan manfaat bagi anggota-anggotanya, tapi juga manfaat yang positif bagi lingkungan. Dalam arti suatu organsasi tidak hanya baik dari segi internnya, tapi juga ekstern dari organisasi tersebut. Misalnya, suatu organisasi mahasiswa hukum, yang memberikan penyuluhan hukum kepada masyarakat sekitar dengan tujuan membantu meningkatkan kesadaran hukum dalam masyarakat awam.

 

Baik, itu saja yang dapat saya share kan mengenai ciri-ciri organisasi yang baik. Semoga bermanfaat🙂

God blesses you all🙂

About rikoapriadi

Blogger is (soon) a politician, law master, and entrepreneur from Kalimantan. Instagram: riko.nandjan (current active social media). Favorite Life Quote: "Be strong and courageous, because you will lead these people to inherit the land I swore to their ancestors to give them. Be strong and very courageous. Be careful to obey all the law my servant Moses gave you; do not turn from it to the right or to the left, that you may be successful wherever you go." (Joshua 1:6-7). 3 motivations in life: 1. Jesus, as Lord and Savior; 2. Dayak Culture, as nature blood; 3. Family, first environment to grow up. 3 Favorite Concerns: 1. Serving Jesus and People; 2. Learning Law, Social, and Politics (different dimensions but related each other); 3. Sharpening Economic by Developing Business Legally.

Posted on July 29, 2011, in Knowledge, my writting. Bookmark the permalink. 1 Comment.

  1. annisa karimah

    kakaaa, saya butuh banget sumber dari kritrria yang kaka sebutin diatas, bisa minta sumber bukunya dari mana ? buat skripsi saya kaa, terimakasih, harap dibalas dengan cepat ya kaa, maaf merepotkan ini email saya kaa : annisa.karimah@gmail.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: