The Swordless Samurai – Hideyoshi Toyotomi

Mau share tentang buku yang inspiratif nih temen-temen. Judul bukunya “The Swordless Samurai”.

Mengisahkan tentang kisah hidup salah seorang pemimpin besar dan legendaris di Jepang pada abad ke-XVI. Ya, nama orang itu adalah Hideyoshi Toyotomi.

Kebetulan Hideyoshi Toyotomi ini adalah salah satu karakter favoritku saat bermain game Samurai Warriors. Makanya, saat pertama kali melihat buku ini, saya jadi tertarik untuk membacanya. Dan ternyata… saya tidak salah pilih buku. Buku yang saya baca ini sangat inspiratif dan edukatif.

Inspiratif, karena mengisahkan pengalaman hidup seorang “anak monyet” (julukan Hideyoshi), yang berangkat dari keluarga miskin, menderita, ditinggal wafat ayahnya saat berusia tujuh tahun, bandel, sering mengecewakan ibunya. Sampai akhirnya sang anak monyet mengambil tindakan nekat, yaitu mengembara dan berpisah dengan ibunya. Dia akan kembali apabila sudah sukses dalam pengembaraannya.

Dalam pengembaraannya ini, dia pernah bekerja di bawah Klan …. (saya lupa namanya hehe..), dan akhirnya dipecat oleh suatu sebab yang bukan kesalahannya. Kemudian akhirnya memutuskan untuk memilih pemimpin yang tepat baginya. Orang itu adalah Nobunaga Oda.

Di perjalanan hidupnya bersama Nobunaga, dan Klan Oda, banyak kisah hidup yang diukir oleh Hideyoshi. Mulai dari dia yang awalnya sebagai pembawa sandal Nobunaga, sampai dengan menjadi Jenderal Perang kepercayaan sang pemimpin.

Hideyoshi adalah orang pertama setelah era kelam sebelumnya, yang menyatukan Jepang di bawah satu bendera. Pemimpin tertinggi di Jepang pada abad ke-XVI, tentunya setelah Kaisar. Dia juga orang pertama yang berhasil menjadi pemimpin dari kalangan rakyat jelata. Tidak ada garis darah atau keturunan bangsawan sama sekali.

Hal inilah yang sangat menginsipirasi bagi siapa pun yang membacanya.

Edukatif. Ya tentu saja, karena di samping menceritakan perjalanan hidup The Swordless Samurai, buku ini juga menyelipkan ajaran-ajaran dalam seni kepemimpinan. Cukup berdasar, karena hal ini melalui riset dan penelitian yang cukup mendalam mengenai karakter Hideyoshi Toyotomi.

Hal-hal yang diajarkan seperti melayani, menghargai setiap orang, berikan kompensasi, serta masih banyak lagi yang tentunya tersirat jelas dari buku ini.

Intinya pelajarannya adalah : pengabdian, kerja keras, penghargaan, dan tindakan tegas. Hal-hal yang tentunya harus dilakukan oleh seorang pemimpin sejati yang baik.

Sekian ulasan singkat dari saya mengenai buku “The Swordless Samurai” ini. Semoga bermanfaat bagi kita semua.

About rikoapriadi

Blogger is (soon) a politician, law master, and entrepreneur from Kalimantan. Instagram: riko.nandjan (current active social media). Favorite Life Quote: "Be strong and courageous, because you will lead these people to inherit the land I swore to their ancestors to give them. Be strong and very courageous. Be careful to obey all the law my servant Moses gave you; do not turn from it to the right or to the left, that you may be successful wherever you go." (Joshua 1:6-7). 3 motivations in life: 1. Jesus, as Lord and Savior; 2. Dayak Culture, as nature blood; 3. Family, first environment to grow up. 3 Favorite Concerns: 1. Serving Jesus and People; 2. Learning Law, Social, and Politics (different dimensions but related each other); 3. Sharpening Economic by Developing Business Legally.

Posted on August 3, 2012, in my writting. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: