BAHAYA LATEN JIWA MANUSIA

Semoga Allah damai sejahtera menguduskan kamu seluruhnya dan semoga roh, jiwa dan tubuhmu terpelihara sempurna dengan tak bercacat pada kedatangan Yesus Kristus, Tuhan kita. 1 Tes 5:23

Manusia terdiri dari tiga dimensi, yaitu tubuh, roh, dan jiwa.

Dalam Kej 2:7, manusia memiliki tubuh dan roh, dari dua unsur itu, manusia memiliki jiwa yang hidup.

Malaikat -> roh, hewan/binatang -> tubuh/daging.

Manusia pertama (Adam) sebelum jatuh ke dalam dosa, memiliki akal budi yang luar biasa, jiwa yang kuat, ditempatkan menjadi penguasa bumi -> punya kekuatan yang kuat sehingga tidak bisa capek.

Dosa mengurangi kecerdasan dan kelebihan manusia, manusia takluk kepada hawa nafsu daging.

Daging -> lemah

Jiwa -> kuat

Roh -> lebih kuat dari semuanya

Sejak jatuh ke dalam dosa, Tuhan tidak lagi menggunakan jiwa manusia, tidak begitu penting lagi, yang digunakan adalah roh, yaitu Roh Kudus.

Hati-hati terhadap tipu muslihat iblis -> merangsang kekuatan jiwa -> sehingga manusia menganggap kekuatan jiwa = kekuatan roh.

Allah bekerja melalui Roh Kudus -> ini yang harus menguasai kita.

Iblis tipu muslihat, kerja melalui jiwa manusia -> sehingga lebih suka mengandalkan kekuatan diri sendiri. Contohnya: sugesti diri sendiri, tenaga dalam, dan sebagainya.

Mengapa iblis gunakan kekuatan jiwa manusia?

Karena:

  1. Manusia merasa seperti Allah
  2. Mengacaukan mujizat Allah
  3. Mengacaukan pekerjaan Roh Kudus

Kita harus waspada, karena dalam Yoh 3:6 “Apa yang dilahirkan dari daging, adalah daging, dan apa yang dilahirkan dari Roh, adalah roh.”

Daging tidak berkenan kepada Allah, tidak mendapat bagian.

Rohlah yang memberi hidup, daging sama sekali tidak berguna. Perkataan-perkataan yang Kukatakan kepadamu adalah roh dan hidup. Yoh 6:63

Dan janganlah kamu mabuk oleh anggur, karena anggur menimbulkan hawa nafsu, tetapi hendaklah kamu penuh dengan Roh, Ef 5:18

Hidup kita harus penuh dengan kekuatan Roh.

Ada dua jenis urapan yang harus kita terima dalam hidup kita di jalan Tuhan:

1. Urapan dari atas

Kekuatan dari Allah, memampukan kita melakukan tugas pelayanan, serta karunia-karunia atau talenta.

2. Urapan dari dalam

Mengalir aliran air kehidupan, membentuk karakter sehingga membuahkan buah-buah Roh dari dalam diri manusia, sehingga memiliki karakter Kristus.

Tulisan ini merupakan rangkuman saya setelah mendengar khotbah Pdt. Rubin Adi Abraham melalui channel youtube. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi kita semua. Tuhan memberkati🙂

About rikoapriadi

Blogger is (soon) a politician, law master, and entrepreneur from Kalimantan. Instagram: riko.nandjan (current active social media). Favorite Life Quote: "Be strong and courageous, because you will lead these people to inherit the land I swore to their ancestors to give them. Be strong and very courageous. Be careful to obey all the law my servant Moses gave you; do not turn from it to the right or to the left, that you may be successful wherever you go." (Joshua 1:6-7). 3 motivations in life: 1. Jesus, as Lord and Savior; 2. Dayak Culture, as nature blood; 3. Family, first environment to grow up. 3 Favorite Concerns: 1. Serving Jesus and People; 2. Learning Law, Social, and Politics (different dimensions but related each other); 3. Sharpening Economic by Developing Business Legally.

Posted on February 3, 2013, in Christian Faith. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: