Hukum Kekekalan Pengusaha

Berikut adalah intisari yang saya tangkap dari tulisan Muhammad Assad, seorang pengusaha muda, pembicara internasional, dan penulis buku best seller, yang di-posting di harian kompas online, hari Rabu, 14 Januari 2015.

https://i0.wp.com/i.ytimg.com/vi/Itf8hK4xENw/maxresdefault.jpg

E = MC2
E: Pengusaha,  M: Mindset,  C: Courage,  C: Creativity

Pengusaha dibentuk oleh Mindset, Courage & Creativity.

1. Mindset (pola pikir). Ini hal yang sangat krusial dan substansial. Pengusaha is about a mindset, not a job. Karakteristik dasar pengusaha sukses adalah tentang bagaimana mengelola sebuah mindset (pola pikir). Hal ini sangat krusial karena sebuah puncak kesuksesan muaranya berasal dari sebuah pola pikir.

Sehingga, siapapun sebenarnya bisa menjadi pengusaha, baik karyawan, guru, arsitek, bahkan tukang sapu sekalipun!

2. Courage (keberanian). Seorang pengusaha harus memiliki dua keberanian dalam dirinya, yaitu berani bertindak dan berani berkomitmen. Sehebat dan sebagus apapun rencana bisnis yang dibuat, tidak akan ada hasilnya kalau tidak diikuti dengan sebuah tindakan.

Selanjutnya adalah berani berkomitmen. Tanpa adanya komitmen, bisa dipastikan sebuah bisnis tidak akan bertahan lama. Komitmen dalam konteks bisnis berkaitan erat dengan janji, waktu, keuangan, tenaga, dan pikiran kepada semua stakeholder yang terlibat (partner bisnis, investor, karyawan, pemerintah, pelaku usaha bisnis lainnya, dll).

Tantangan yang umumnya terjadi dalam dunia usaha diantaranya adalah hambatan dari persaingan bisnis, karyawan, produksi, pemasaran, dan yang paling sering terjadi adalah tantangan yang berhubungan dengan aspek finansial seperti kerugian, hutang dan macetnya cash flow yang merupakan darah dalam bisnis.

Untuk menghadapi itu semua, seorang pengusaha harus memiliki ketahanan fisik dan mental yang kuat agar membentuk kepribadiannya menjadi seseorang yang tangguh dan tahan banting, serta selalu siap menghadapi kemungkinan terburuk apapun.


3. Creativity (kreativitas). Pengusaha harus jeli melihat setiap peluang sekecil apapun dan mengolahnya menjadi suatu bisnis yang bukan hanya profitable, namun juga sustainable. Jadi cara berpikirnya jangan hanya keuntungan jangka pendek, tapi berpikir jangka panjang agar bagaimana bisnis yang dijalankan bisa menjadi mesin uang di masa depan.

Setiap bisnis hebat harus bisa menjadi mesin uang bagi pemiliknya. Tentu itu membutuhkan proses, dan kreativitas memegang peranan penting untuk membuat sistem mesin uang tersebut dapat terus berjalan di tengah persaingan yang semakin ketat.

Juga tak kalah pentingnya adalah kreativitas dalam mencari solusi dari setiap masalah yang muncul. Realitas menunjukkan bahwa semua pengusaha sukses di masa-masa tertentu pasti pernah mengalami goncangan hebat dalam bisnisnya. Jika itu terjadi maka bersyukurlah, karena itu sebuah proses upgrading atau kenaikan tingkat yang akan membawa ke level yang lebih tinggi.

Kreativitas tidak turun dari langit dan bisa dipelajari oleh semua pengusaha asalkan mau terus belajar dan memperbaiki kekurangan. Kreativitas akan terus mengasah otak Anda karena setiap masalah baru yang muncul tidak mungkin diselesaikan dengan cara lama. Seperti yang pernah disampaikan Albert Einstein, “We cannot solve a problem by using the same kind of thinking we used when we created them.”

 

Sumber: kompas.com

About rikoapriadi

Blogger is (soon) a politician, law master, and entrepreneur from Kalimantan. Instagram: riko.nandjan (current active social media). Favorite Life Quote: "Be strong and courageous, because you will lead these people to inherit the land I swore to their ancestors to give them. Be strong and very courageous. Be careful to obey all the law my servant Moses gave you; do not turn from it to the right or to the left, that you may be successful wherever you go." (Joshua 1:6-7). 3 motivations in life: 1. Jesus, as Lord and Savior; 2. Dayak Culture, as nature blood; 3. Family, first environment to grow up. 3 Favorite Concerns: 1. Serving Jesus and People; 2. Learning Law, Social, and Politics (different dimensions but related each other); 3. Sharpening Economic by Developing Business Legally.

Posted on January 16, 2015, in Inspiration, tips. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: