Tiga Jalan Passionpreneur

Ada tiga pilihan jalan yang bisa diambil seorang passionpreneur, dan tidak ada jalan yang ‘paling’ baik, ‘paling tepat’, atau ‘paling benar’, karena semuanya bisa bikin kaya dan sukses. Tinggal apa tujuan kita, dan bagaimana keinginan kita untuk menjalani prosesnya.

Ketiga jalan itu adalah jalan Akademik, jalan Profesional Mandiri, dan jalan Bisnis. (A|P|B)

Jalan Akademik, adalah profesi- profesi di mana nilai gaji/ pendapatan finansial Anda dan jenjang karier Anda ditentukan secara dominan oleh strata akademis Anda. Makin banyak “S” yang Anda punya, dari S1, S1, S1, sampai S campur, makin besar kemungkinan Anda untuk mendapatkan posisi karier yang tinggi, meningkatkan jenjang karier, dan mendapatkan gaji besar.

Profesi- profesi dalam jalan ini, termasuk pekerja kantoran, karyawan pada umumnya, manager, atau Profesional Akademis seperti dokter, pengacara corporate, dan lainnya.

Jalan Profesional Mandiri, adalah profesi- profesi di mana pendapatan finansial Anda biasanya bersifat honor/fee. Ditentukan secara dominan oleh skill, jaringan, dan kompetensi Anda dalam memberikan jasa atau mengirimkan jasa dan produk yang Anda tawarkan ke tangan klien. Makin besar kredibilitas, kualitas, dan skill, serta jaringan Anda, semakin baik bayarannya, dan semakin cepat karier di profesi ini akan melangit.

Profesi- profesi dalam jalan ini termasuk, freelancer, designer lepas, konsultan, public speaker, MC, penyanyi, penulis, dan sebagainya.

Jalan Bisnis, adalah profesi di mana pendapatan finansial Anda adalah profit, dan merupakan hasil dari sistem organisasional yang baik, dalam menjual produk atau jasa. Biasanya ditentukan secara dominan oleh sistem usaha, sistem kerjasama, produk dan jasa, kemampuan negosiasi, dan sistem manajemen organisasional. Profesi di jalan ini adalah para pengusaha.

Mana jalan yang paling ‘bagus’ dan paling ‘benar’?

Orang kantor bakal bilang, “Jalan akademis doong, soalnya stabil dan lebih aman”. Freelancer bakal bilang, “Jalan professional mandiri doong, soalnya bebaaas, freedom of time”. Orang bisnis bakal bilang, “Jalan bisnis doongg, soalnya potensi income pasif- nya tidak ternilai!”
Dan saya bakal bilang, “Semuanya benaar dooong. Tinggal Anda maunya yang mana?”

Jalan akademik relatif lebih aman dan stabil. Semuanya lebih ‘pasti’. Anda bakal tahu persis kapan uang masuk, berapa jumlahnya, dan tanggal berapa dapur ngebul. Konsekuensinya? Diantaranya adalah kurangnya kebebasan waktu.

Jalan profesional mandiri relatif lebih bebas dalam waktu, bebas berkarya, dan bebas dalam memilih pekerjaan dan proyek. Anda adalah bos diri Anda sendiri. Konsekuensinya? Diantaranya adalah ketidakjelasan income. Kadang bisa banyak proyek dan dompet tebal, kadang bisa rindu order sampai Anda sering silaturahmi ke rumah saudara untuk numpang makan.

Jalan bisnis relatif lebih besar potensinya dalam menghasilkan dan membuka pintu pendapatan finansial. Khususnya memiliki potensi untuk menciptakan income pasif. Konsekuensinya? Tidak ada yang pasti, dan resiko relatif lebih tinggi dibanding kedua jalan lainnya. High risk, high return.

Jadi jalan mana yang Anda pilih? Suka dan mengutamakan keamanan? Mungkin lewat jalan akademik dulu. Suka dan mengutamakan kebebasan waktu? Bangunlah profesi Anda di jalan profesional dulu. Suka resiko dan berani hidup dalam ketidakpastian demi income pasif? Bangun jalan ideal Anda di dunia bisnis!

Kalau passion Anda fotografi misalnya, Anda bisa jadi fotografer yang bekerja di kantor (Akademik), fotografer freelance dengan personal brand (Profesional Mandiri), atau membangun studio fotografi (Bisnis). Anda bisa tetap hidup sesuai passion Anda, di manapun jalan yang Anda pilih!

Yang harus ditekankan, bahwa passionpreneurs adalah mereka yang selalu menciptakan potensi dari passion mereka. Artinya, yang manapun jalan pilihan Anda, pastikan Anda membangun karier sesuai passion dan dalam profesi yang Gue Banget.

Passionpreneurs harus dengan jiwa kreatif, mendorong batasan- batasan profesinya lebih jauh, lebih luas, dan lebih baik dari kondisinya saat ini!

 

Sumber: kompas.com

Penulis: Dedy Dahlan

About rikoapriadi

Blogger is (soon) a politician, law master, and entrepreneur from Kalimantan. Instagram: riko.nandjan (current active social media). Favorite Life Quote: "Be strong and courageous, because you will lead these people to inherit the land I swore to their ancestors to give them. Be strong and very courageous. Be careful to obey all the law my servant Moses gave you; do not turn from it to the right or to the left, that you may be successful wherever you go." (Joshua 1:6-7). 3 motivations in life: 1. Jesus, as Lord and Savior; 2. Dayak Culture, as nature blood; 3. Family, first environment to grow up. 3 Favorite Concerns: 1. Serving Jesus and People; 2. Learning Law, Social, and Politics (different dimensions but related each other); 3. Sharpening Economic by Developing Business Legally.

Posted on January 16, 2015, in Inspiration, tips. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: