Session 1: Vibrant Leaders

Connect Group Conference Gereja Mawar Sharon 2016 (CGC GMS 2016).

Theme: Igniting Dynamic Discipleship Culture

Friday, 16 September 2016 (Day 1).

Oleh: Pdt. Fuji Harsono (Gembala GMS Favour Jakarta).


 

Vibrant artinya bergetar, aktif, berairah, membara, semangat, dan pengertian lainnya yang serupa dengan itu.

 

Ada 5 (lima) kualitas hidup pemimpin yang harus dimiliki untuk menjadi Vibrant Leader:

 

  1. Kegigihan

Kegigihan merupakan salah satu faktor utama penentu kesuksesan. Kegigihan meliputi semangat, ketekunan, passion yang menyala-nyala dalam jangka panjang, dan sukarela untuk mencurahkan energi sampai garis akhir.

Kegigihan memerlukan kesiapan terhadap kemungkinan sakit hati, siap menghadapi kesulitan, tetapi tetap berkeyakinan mampu untuk mengatasinya.

Membangun kegigihan berarti siap menghadapi kesukaran-kesukaran, serta sukarela mengerjakan tugas ekstra.

Musuh besar dalam membangun kualitas ini adalah kemudahan, kenyamanan (zona nyaman).

 

  1. Ketangkasan dalam Belajar

Artinya gesit dalam belajar sesuatu, selalu berusaha mencari tahu bagaimana sesuatu berjalan dan berhasil, serta keinginan yang tinggi untuk belajar.

Justru karena itu kamu harus dengan sungguh-sungguh berusaha untuk menambahkan kepada imanmu kebajikan pengetahuan. (2 Petrus 1:5)

 

  1. Kesadaran Diri

Karena engkau berkata: Aku kaya dan aku telah memperkayakan diriku dan aku tidak kekurangan apa-apa, dan karena engkau tidak tahu, bahwa engkau melarat, dan malang, miskin, buta dan telanjang. (Wahyu 3:17)

Berdasarkan penelitian, rata-rata setiap orang memiliki minimal 3 (tiga) atau 4 (empat) blind spot.

Di mata Tuhan, pasti terdapat suatu blind spot dalam diri kita. Blind spot berasal dari kesadaran diri yang rendah, dan tidak disadari karena biasanya sudah menjadi kebiasaan atau tabiat seseorang yang cenderung negatif.

Untuk membangun kesadaran diri sendiri, diperlukan kesediaan dan kerendahan hati untuk menerima pahitnya kritik atau kejujuran orang lain terhadap suatu blind spot dalam diri kita.

 

  1. Kepedulian atau Kasih

Ada banyak bentuk kepedulian, mulai dari hal kecil, yaitu komunikatif dengan para anggota CG, membantu setiap ada permasalahan, dan bentuk-bentuk lainnya yang memberikan kepedulian dengan tulus.

 

  1. Kesungguhan Hati

Ini menekankan pada hubungan pribadi kita dengan Tuhan.

Dalam Injil Lukas 18:35-43, terdapat kisah dimana seorang buta yang sungguh-sungguh meminta kepada Tuhan Yesus untuk mengasihani dia dan disembuhkan dari kebutaannya. Karena kesungguhan hati orang buta tersebut, akhirnya dia dapat melihat kembali karena kesungguhan hatinya kepada Tuhan Yesus (iman).

Ini tergantung kesungguhan hati kita: ingin mengalami Kristus atau sekedar menjalankan rutinitas keagamaan saja. Yang membedakan adalah kesungguhan hati.

Awali dengan kerinduan kepada kasih Tuhan, lalu level berikutnya adalah kesungguhan hati.

About rikoapriadi

Blogger is (soon) a politician, law master, and entrepreneur from Kalimantan. Instagram: riko.nandjan (current active social media). Favorite Life Quote: "Be strong and courageous, because you will lead these people to inherit the land I swore to their ancestors to give them. Be strong and very courageous. Be careful to obey all the law my servant Moses gave you; do not turn from it to the right or to the left, that you may be successful wherever you go." (Joshua 1:6-7). 3 motivations in life: 1. Jesus, as Lord and Savior; 2. Dayak Culture, as nature blood; 3. Family, first environment to grow up. 3 Favorite Concerns: 1. Serving Jesus and People; 2. Learning Law, Social, and Politics (different dimensions but related each other); 3. Sharpening Economic by Developing Business Legally.

Posted on September 24, 2016, in Christian Faith. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: