Session 6: Together Alive

Connect Group Conference Gereja Mawar Sharon 2016 (CGC GMS 2016).

Theme: Igniting Dynamic Discipleship Culture

Saturday, 17 September 2016 (Day 2).

Oleh: Ps. Caleb Natanielliem (Executive Pastor Sinode GMS).

 

Kita berada di titik perbatasan, yaitu di perbatasan antara Dunia kepada Kerajaan Sorga. Di titik perbatasan, sesuatu yang selalu terjadi biasanya berupa:

– perubahan kondisi, baik bahasa, perilaku, kebudayaan, dan lain sebagainya;

– adanya kenyataan yang baru

Melangkahlah ke daerah baru tersebut, yaitu dunia Kerajaan Tuhan.

Kita telah berada di Kerajaan Tuhan, artinya ini adalah wilayah Kedaulatan Tuhan.

“Ya TUHAN, punya-Mulah kebesaran dan kejayaan, kehormatan, kemasyhuran dan keagungan, ya, segala-galanya yang ada di langit dan di bumi! Ya TUHAN, punya-Mulah kerajaan dan Engkau yang tertinggi itu melebihi segala-galanya sebagai kepala. Sebab kekayaan dan kemuliaan berasal dari pada-Mu dan Engkaulah yang berkuasa atas segala-galanya; dalam tangan-Mulah kekuatan dan kejayaan; dalam tangan-Mulah kuasa membesarkan dan mengokohkan segala-galanya. Sekarang, ya Allah kami, kami bersyukur kepada-Mu dan memuji nama-Mu yang agung itu.” (1 Tawarikh 29:11-13)

– Segala yang baik ada pada Tuhan;

– Lebih dari segala-galanya;

– Kemuliaan dan kuasa ada pada-Nya.

Iblis tidak ingin kita tahu bahwa kita sudah menjadi warga negara Kerajaan Allah, padahal iniliah status kita saat ini.

Mengapa tema kali ini adalah vibrant? Vibrant artinya semarak! Tuhan ingin kita hidup dalam vibrant, yaitu hidup yang penuh semangat, sukacita, semarak, dan lain-lain yang positif di dalam-Nya.

Namun, kebanyakan kita hanya ada di titik perbatasan. Jangan sampai ini terjadi.

Maka kata Yesus: “Seumpama apakah hal Kerajaan Allah dan dengan apakah Aku akan mengumpamakannya? Ia seumpama biji sesawi, yang diambil dan ditaburkan orang di kebunnya; biji itu tumbuh dan menjadi pohon dan burung-burung di udara bersarang pada cabang-cabangnya.” Dan Ia berkata lagi: “Dengan apakah Aku akan mengumpamakan Kerajaan Allah? Ia seumpama ragi yang diambil seorang perempuan dan diadukkan ke dalam tepung terigu tiga sukat sampai khamir seluruhnya.” (Lukas 13:18-21)

Apa maksudnya ayat tersebut di atas? Berikut penjelasan yang dibagi ke dalam dua kata kunci, yaitu biji sesawi dan ragi.

 

  1. Biji sesawi

Jangan remehkan biji sesawi, karena walaupun kecil (ukuran 0,5 milimeter) tetapi dalam biji sesawa dapat menjadi pohon yang tingginya mencapai 3,7 meter. Lihatlah betapa potensinya besar sekali, dapat berubah menjadi berkali lipat.

“To grow taller/higher is to grow deeper.”

Belajarlah untuk bertumbuh dengan fondasi/dasar yang kuat. Tumbuh tinggi dan besar ini memerlukan waktu, karena itu jangan terburu-buru, nikmati saja.

CG adalah tempat untuk menikmati pertumbuhan, tentunya diawali dengan motivasi yang benar.

CG adalah sarang, tujuan akhirnya adalah kedewasaan rohani Kekristenan, seperti rajawi yang siap untuk terbang dengan gagah berani.

Aku berdoa supaya Ia, menurut kekayaan kemuliaan-Nya, menguatkan dan meneguhkan kamu oleh Roh-Nya di dalam batinmu, sehingga oleh imanmu Kristus diam di dalam hatimu dan kamu berakar serta berdasar di dalam kasih. (Efesus 3:16-17).

Batin adalah pertemuan kehidupan roh dan daging.

Selain memiliki KTP Kerajaan Sorga, kita harus bertanggung jawab akan status tersebut.

 

  1. Ragi

Kata kuncinya disini adalah ragi yang sama. Apa artinya?

Artinya adalah, bila diimplementasikan dalam kehidupan CG, tetap dalam tubuh Kristen, yang walaupun berbeda-beda CG, namun Tuhan tetaplah satu.

Berbeda-beda, tetapi tetap satu, satu Tuhan.

 

Ingatlah 5 G di dalam CG:

Gift. Setiap karunia/talenta kita, itu sangat berguna dalam Kerajaan Allah, semuanya bagi Kristus.

Good Stewardship. Pelayanan yang baik, pekerjaan dan motivasi yang baik dalam Tuhan.

Group. Jadilah grup yang membawa damai di lingkungan kita, karena kita adalah pendamai di bumi ini. Belajar lah untuk welcome terhadap siapapun, baik yang kita suka ataupun tidak kita sukai.

Growth. Dapat menderita bersama, menyelesaikan solusi bersama, bertumbuh bersama.

Grace. Semuanya adalah karena kasih karunia-Nya.

 

Kita harus ada, hidup, memiliki peran, radikal, dan jangan jadikan CG sebagai beban, tetapi sukacita serta menikmati CG yang ada.

Aku berdoa, supaya kamu bersama-sama dengan segala orang kudus dapat memahami, betapa lebarnya dan panjangnya dan tingginya dan dalamnya kasih Kristus, dan dapat mengenal kasih itu, sekalipun ia melampaui segala pengetahuan. Aku berdoa, supaya kamu dipenuhi di dalam seluruh kepenuhan Allah. (Efesus 3:18-19)

Lakukan dengan bersama-sama, bukan dengan sendiri dalam peran sebagai warga Kerajaan Allah, karena Allah ingin menikmati kemulian bersama-sama dengan kita.

Berawal dari Biji, menjadi Pohon, dari Pohon menjadi Hutan, dan di dalam Hutan dapat memberi kehidupan bagi semua makhluk hidup.

About rikoapriadi

Blogger is (soon) a politician, law master, and entrepreneur from Kalimantan. Instagram: riko.nandjan (current active social media). Favorite Life Quote: "Be strong and courageous, because you will lead these people to inherit the land I swore to their ancestors to give them. Be strong and very courageous. Be careful to obey all the law my servant Moses gave you; do not turn from it to the right or to the left, that you may be successful wherever you go." (Joshua 1:6-7). 3 motivations in life: 1. Jesus, as Lord and Savior; 2. Dayak Culture, as nature blood; 3. Family, first environment to grow up. 3 Favorite Concerns: 1. Serving Jesus and People; 2. Learning Law, Social, and Politics (different dimensions but related each other); 3. Sharpening Economic by Developing Business Legally.

Posted on September 24, 2016, in Christian Faith. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: