Workshop 1: Elements of Healthy CG

Connect Group Conference Gereja Mawar Sharon 2016 (CGC GMS 2016).

Theme: Igniting Dynamic Discipleship Culture

Friday, 16 September 2016 (Day 1).

Oleh: Pdm. Magdalena Christina (istri dari Pdt. Fuji Harsono, gembala GMS Favour Jakarta).

 

Di dalam suatu connect group (CG), diumpamakan tumbuhan atau tanaman, kita diharapkan untuk bertumbuh, berbuah, dan bermanfaat.

Ada beberapa elemen dalam suatu CG:

  1. Adanya kurikulum yang jelas;
  2. Adanya pemuridan;
  3. Adanya waktu.

 

Ada beberapa ciri suatu CG dapat dikatakan sehat, yaitu:

  1. Ada pertumbuhan berupa perubahan hidup anggotanya dan pertambahan jiwa-jiwa. Kuantitas dan kualitas sama-sama berkembang.
  2. Ada hubungan yang sejati, artinya harus ada hubungan yang dalam antara para anggota yang lebih dari sekedar formalitas atau jadwal rutin.
  3. Dapat melahirkan CG yang baru atau multiplikasi.

 

CG yang sehat tidak terjadi dengan sendirinya.

Aku menanam, Apolos menyiram, tetapi Allah yang memberi pertumbuhan. (1 Korintus 3:6)

Pada ayat tersebut di atas, memang Tuhan lah yang memberi pertumbuhan, namun kita juga memiliki tugas dan tanggung jawab di dalamnya.

 

Ada 3 (tiga) poin agar suatu CG menjadi sehat:

  1. Up

Merupakan hubungan dengan Tuhan.

Karena iman kita mengerti, bahwa alam semesta telah dijadikan oleh firman Allah, sehingga apa yang kita lihat telah terjadi dari apa yang tidak dapat kita lihat. (Ibrani 11:3)

Ayat ini merupakan contoh bahwa dengan iman kita percaya bahwa pertumbuhan CG yang tidak kita lihat, terjadi. Paling penting disini adalah terkait doa kepada Tuhan dan kedekatan kepada-Nya.

  1. In

Tinggallah di di dalam Aku dan Aku di dalam kamu. Sama seperti ranting tidak dapat berbuah dari dirinya sendiri, kalau ia tidak tinggal pada pokok anggur, demikian juga kamu tidak berbuah, jikalau kamu tidak tinggal di dalam Aku. Akulah pokok anggur dan kamulah ranting-rantingnya. Barangsiapa tinggal di dalam Aku dan Aku di dalam dia, ia berbuah banyak, sebab di luar Aku kamu tidak dapat berbuat apa-apa. (Yohanes 15:4-5)

Pengaplikasiannya adalah:

– membangun hubungan yang baik dengan leader, coach, sesama anggota, dan bentuk hubungan lainnya yang serupa dengan itu, artinya adalah suatu respect terhadap superior kita;

– mempersiapkan segala sesuatu dalam CG dengan baik;

– memuridkan setiap anggota CG, artinya harus ada tujuannya, bagian mana dalam diri anggota yang harus dibangun, ada area-area tertentu yang dilihat, dan ini dilakukan dengan sengaja;

– mempersiapkan calon pemimpin berikutnya.

  1. Out

Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus, dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Ku perintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman. (Matius 28:19-20)

Merupakan suatu amanat agung bagi kita, yaitu penginjilan dan pemuridan. Di dalamnya terdapat visi, mis, target, dan kesediaan untuk menjalankan prosesnya.

About rikoapriadi

Blogger is (soon) a politician, law master, and entrepreneur from Kalimantan. Instagram: riko.nandjan (current active social media). Favorite Life Quote: "Be strong and courageous, because you will lead these people to inherit the land I swore to their ancestors to give them. Be strong and very courageous. Be careful to obey all the law my servant Moses gave you; do not turn from it to the right or to the left, that you may be successful wherever you go." (Joshua 1:6-7). 3 motivations in life: 1. Jesus, as Lord and Savior; 2. Dayak Culture, as nature blood; 3. Family, first environment to grow up. 3 Favorite Concerns: 1. Serving Jesus and People; 2. Learning Law, Social, and Politics (different dimensions but related each other); 3. Sharpening Economic by Developing Business Legally.

Posted on September 24, 2016, in Christian Faith. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: